Halaman

Minggu, 22 April 2012

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Seorang Pemimpin



Pertama
Ia harus memiliki kecerdasan dan kemampuan intelektual yang tinggi. Agar bisa memahami persoalan dengan baik. dan mencari solusi atas persoalan dengan baik. Dan mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi. Jika Pemimpinnya tidak pintar secara intelektual, maka kepemimpinananya bakal menghadapi banyak masalah.

Kedua
Seorang pemimpin harus adil, bijaksana, dan tidak menurti hawa nafsunya. pemimpin yang memihak dan culas hanya bakal menimbulkkan masalah. apalagi, jika ia hanya mementingkan diri sendiri dan kelompoknnya.

Ketiga
Seorang pemimpin harus mawas diri, Mengetahui salah dan benar. Dan mau mengakui kelemahannya. Sehingga ia bisa membawa umatnya untuk menuju ke jalan yang benar dan memberi manfaat bersama.

Keempat
Seorang pemimpin haruslah bersifat spiritual, dekat dengan Allah sang penguasa alam semesta. karena dengan kedekatannya itulah ia akan memperoleh petunjuk dan bimbingan langsung.

Jika seorang pemimpin tidak memiliki kualifikasi semacam itu., Maka ia akan menghasilkan kerusakan dan pertumpahan darah diantara sesamanya.

Referensi :
Mustofa, Agus. 2007. Adam Tak Diusir Dari Surga. PADMA Press : Surabaya (Halaman 90-91) 

1 komentar: